Kepada Yth, Polisi Jalan Raya

Peran dan keberadaan polisi jalan raya di jalan-jalan di pinggir-pinggir kota dan pelosok-pelosok kota sangat diperlukan.  Polisi diharap dapat lebih banyak menyebar terutama di jalan-jalan pinggiran Jakarta. Kemacetan di Jakarta bukan sekedar kemacetan di jalan-utama, tapi yang terbanyak dan kurang ditertibkan adalah kemacetan yang ada di jalan-jalan raya di pinggiran kota Jakarta seperti Kali malang, Cililitan, Condet, Kalibata, Pasar Minggu, serta jalan-jalan pinggiran kota lainnya.

Rendahnya kesadaran akan tata tertib di jalan raya karena banyaknya pengendara tidak punya SIM tapi berani berkendara juga menjadi penyebab utama kemacetan Jakarta. Sosialisasi seputar aturan, tata-tertib, dan etika berlalu lintas yang sudah ada mesti ditambah sampai ke pinggir-pinggir Jakarta. Semoga, dengan semakin meratanya polisi yang bertugas, kemacetan pun dapat berkurang, dan berlalu-lintas di jakarta menjadi nyaman.

Sering kali hanya karena ada kecelakaan, lantas pengendara justru menontonnya tanpa menolong sama sekali. Hanya karena satu kecelakaan saja kemacetan panjang bisa terjadi.  Untuk itu, polisi harus cepat tanggap terhadap hal-hal yang terjadi di jalan raya.

Tertib di Perumahan

Tetangga Parkir Menutupi Pintu Masuk

Tetangga Parkir Menutupi Pintu Masuk

Jalan-jalan di Jakarta sudah demikian padatnya karena semakin banyaknya orang yang menggunakan kendaraan pribadinya ketimbang angkutan umum. Tapi mereka tidak memikirkan bagaimana memarkir kendaraannya. Banyak yang menjadikan jalanan atau jalanan di depan rumah tetangganya sebagai lahan parkir. Bahkan beberapa kali saya dihadapkan dengan mobil yang diparkir yang menutupi pintu rumah.

Saya sebagai pemilik rumah jadi kesulitan keluar rumah dan mengeluarkan kendaraan. Tentu saja hal ini mengganggu ketertiban dan kenyamanan hidup bertetangga. Semoga polisi juga menertibkan para pengguna jalan yang suka memarkir seenaknya dan tanpa etika.

Semoga ke depan ada undang-undang atau peraturan yang mengatur tentang tata cara parkir di perumahan serta sanksi yang diberikan jika melanggarnya. Sehingga polisi juga bisa memberikan sanksi bagi siapa saja yang memiliki kendaraan tapi tidak punya lahan parkir pribadi atau tidak punya lahan parkir bersama yang menghalangi tetangganya mengeluarkan kendaraan.  Polisi memberikan sanksi pada yang tidak punya salah satu darinya. Sehingga volume kendaraan di jalan raya dapat berkurang karena jumlah pemillik kendaraan berkurang.

Iklan

Tentang syamhais

Instruktur TIK Kemenaker RI; Psychoanalys
Pos ini dipublikasikan di Urban dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s